Beberapa tahun ini, TikTok merajai aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia, khususnya di Indonesia. Walaupaun pada 3 Juli 2018 lalu Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sempat memblokir TikTok karena kurangnya persyaratan yang ada, TikTok mampu bangkit dan bersaing dengan aplikasi lainnya. TikTok sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat serta menyebarluaskan informasi berbasis video. Tak hanya menjadi hiburan semata, nyatanya TikTok kini dapat dijadikan sebagai ladang cuan. Salah satunya adalah dengan menjadi kreator atau penyedia konten.
TikTok sendiri memiliki algoritma yang berbeda dengan aplikasi pendahulunya, seperti Youtube atau Instagram. Aplikasi ini dapat menyebarkan konten secara random, tanpa tahu siapa pengguna akun tersebut, jumlah pengikut, bahkan tanpa saling follow pun interaksi dapat dilakukan, tidak seperti Instagram. TikTok membaca kesukaan dan kebiasaan penggunanya dalam menampilkan videonya di For Your Page atau FYP. Munculnya kreator-krator baru menjadikan persaingan yang sengit dalam menyediakan konten di aplikasi ini. Para kreator dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyediakan kontennya. Adapun beberapa jenis konten yang perlu dicoba agar videomu masuk dalam FYP, antara lain :
- Video Tutorial
TikTok merupakan aplikasi berbasis video terbesar sehingga banyak pengguna yang mencari video dalam jangka waktu yang singkat, namun mudah dipahami dalam aplikasi ini. Salah satunya adalah konten tutorial. Konten tutorial sendiri dapat menjadi referensi ide konten yang patut dicoba agar videomu banyak disukai dan bermanfaat bagi penonton. Video tutorial ini dapat berupa tutorial memasak, merajut, menggambar, menggunakan aplikasi atau alat tertentu, dan lain-lain.
2. Konten Edukasi
Di jaman sekarang, banyak orang lebih memilih untuk menonton daripada membaca. Oleh sebab itu, konten edukasi dapat diberikan agar penonton tidak hanya mendapatkan hiburan saja tetapi juga ilmu yang bermanfaat. Dengan durasi yang singkat tersebut, pesan yang disampaikan juga akan lebih terarah dan tepat sasaran.
3. Konten Challenge
TikTok biasanya digunakan untuk melepas jenuh dan kebosanan. Konten Challenge menjadi salah satu hiburan yang dapat diberikan berupa konten tantangan dimana terjadi interaksi antar pengguna dalam menyanggupi sebuah tantangan dengan konsep tertentu. Misalnya dance challenge.
4. Review Produk
Konten yang tidak kalah ramai dan banyak digemari adalah konten review prouk. Dalam konten ini biasanya terdapat ulasan atau layanan produk yang diberikan ke penggunanya untuk menarik perhatian pengguna dalam menggunakan produk tersebut. Konten ini juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi dan marketing.
5. Konten “A Day in My Life..”
Konten yang sangat booming akhir-akhir ini adalah konten a day in my life. Konten tersebut menceritakan mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan selama seharian misalnya mulai dari bangun pagi, bekerja, hingga tidur kembali.
6. Konten OOTD
Selain a day in my life, terdapat konten OOTD yang sangat popular. Berbagai referensi fashion dan beragam ide outfit dapat menjadi ide konten yang menarik apalagi untuk kaum muda. Pemilihan baju dengan perpaduan warna yang sesuai dengan momen tertentu seperti outfit kondangan, outfit ketemu calon mertua, outfit first date, dan lain-lain menjadikan konten ini banyak dicari.
Ada masih banyak lagi ide konten yang perlu dicoba agar videomu semakin banyak yang suka dan menonton. Dari keenam ide tersebut, mana yang ingin kamu coba?
- Written by: Amelia Rahma
- Posted on: February 11, 2023
- Tags: fyp, konten, promosi produk, referensi, tiktok, tipsandtrick